7 Calon Anggota KPU Maluku Ikut Seleksi Tahap Akhir

Indonesia Indah Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS– Sebanyak tujuh calon anggota (KPU) Maluku menjalani tes wawancara di Hotel Golden Place, Kamis (14/3). Dalam wawancara tersebut Tim Seleksi (Timsel) KPU mencecar delapan materi yang diujikan pada tahapan itu.

Anggota Timsel Maluku, Stevin Melay kepada wartawan, menyatakan, tes wawancara bagi tujuh calon anggota KPU Maluku yang dilakukan tim seleksi secara panel. Ada delapan materi yang diujikan.

Dikatakan, dari delapan materi yang diujin Timsel membagi dalam dua segmen. Pertama mengenai wawasan kebangsaan dan ketatanegaraan pancasila dan UU 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian, beriktunya tentang partai politik. Dan juga tugas-tugas KPU sebagai penyelenggara.

“Materi ini yang kami ujikan kepada peserta. Kemudian dari nama-nama yang dipanggil saat tes, berdasarkan abjad,” jelasnya.

Selain materi, Timsel juga mengeksplor kembali isi makalah yang dibuat peserta, pada saat pendaftran.

Dikatakan, timsel kemudian akan melakukan rapat pleno penetapan hasil wawancara dan tes kesehatan, yang sebelumnya sudah dilakukan dirumah sakit RSUD Haulussy. Direncakan jumat hari ini, hasil tersebut akan diumumkan kepada publik.

“Tanggal 16 Maret, Timsel akan menyampaikan hasil penetapan ke KPU RI, untuk selanjutnya dilakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan “Pit And Property Test” untuk mencari lima nama yang dinyatakan lolos,” terang dia.

Dipertegas, sampai pada tahapan itu tidak lagi menjadi kewenangan Timsel, tetapi KPU pusat.

Usai menggelar tes kata dia, Timsel langsung melakukan rapat pleno.

Seperti yang diketahui, tes wawancara masing-masing Abdul Khalil Tianotak, Rommi Imelda Rumambi, Syamsul Rifan Kubangun dan Hanafi Renwarin, La Alwi Almdatsir Zein Sangadji dan Engelbertus Dumatubun. *** (Qiran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *