Wagub Buka Rapat Forum SKPD di Dishub Maluku

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS— Dinas Perhubungan Provinsi Maluku menggelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Rapat Kerja Tehnis (Rakernis) tahun 2020 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, Kamis (20/2).

Forum SKPD Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dengan tema “Memaksimalkan Sinergitas antar Instansi guna percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM yang berdampak pada peningkatan Ekonomi Wilayah dan Kesejahteraan Masyarakat.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Andre Wijaya Kusuma selaku ketua panitia dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakan forum OPD Dinas Perhubungan adalah mewujudkan kemantapan pelayanan jasa transportasi yang berkualitas dan terintegrasi antar kab/kota se-Maluku dan antar gugus pulau,meningkatkan konektivitas pelayanan transportasi antar gugus pulau di Maluku yang ditandai dengan meningkatnya pergerakan arus penumpang dan barang (Sumber Daya Alam) melalui simpul-simpul transportasi yang telah ada, sebagai wahana koordinasi dan sikronisasi kebijakan pembangunan yang dilaksanakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari, yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,”ungkapnya.

Wijaya mengharapkan kegiatan kerja sama antar OPD guna mempercepat tercapainya tujuan Pemerintah Daerah dalam peningkatan perekonomian masyarakat serta pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, evaluasi terhadap kegiatan di bidang transportasi, usulan program pembangunan sektor Perhubungan Provinsi Maluku untuk tahun mendatang (2021 dan 2022), sikronisasi terkait program perencanaan pembangunan sektor Perhubungan antara Provinsi, Kabupaten/Kota dengan UPT pusat yang ada di daerah.

Sementara itu, Wagub mengatakan hal ini bukan karena kekurangan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam tetapi miskin karena soal akses.

“Karena dalam menyusun program, bukan hanya untuk mengurus program dan APBD. Tetapi juga harus efektif, belum tentu efisien dan efisien belum tentu efektif. Kalau bisa efektif itu jadi efisien.” pungkasnya.

Jadi forum koordinasi OPD seperti ini penting sekali. Karena kalau tidak sinkron, maka dalam menyusun program nomnaklatur akan menjadi berbeda-beda.

“Saya berharap dalam kepemimpinan kepala dinas perhubungan yang baru dapat menambah, mengembangkan, memperbanyak apa yang telah dilakukan oleh kepala dinas perhubungan yang lama dan juga hal-hal yang belum sempurna dapat disempurnakan,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengungkapkan Forum SKPD berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari SKPD Pemprov, Staf Dinas Perhubungan, UPT Dirjen Perhubungan Darat, Laut dan Udara, Mitra Kerja BUMN, BUMD lingkup Dinas Perhubungan Provinsi Maluku.*** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *