Toisutta Minta Bantu BNPB RI Hijaukan Kembali Kampus IAIN Ambon

Kabar Daerah News
Kantor Pusat IAIN Ambon .*** FOTO ISTMEWA

KABARTERKINI.NEWS– Setelah terjadinya tanah longsor serta ambruknya sejumah gedung di Institut Agama Islam Negeri IAIN) Ambon beberapa waktu lalu, kini Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisutta meminta bantuan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI), Mayjen TNI Doni Monardo agar menghijaukan kembali lingkungan kampus tersebut.

Kepada wartawan media ini di Ambon Sabtu (07/09), Munardo mengamini orang nomor satu di kampus cerdas dan berbudi tersebut.

“Ada bibit pohon yang nanti akan diprioritaskan untuk ditanam dilokasi kawasan IAIN yang beberapa bulan yang lalu mengalami longsor dan juga sejumlah bangunan di IAIN Ambon itu ambles ” jelas Kepala BNPB RI Kepada wartawan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

Disampaikannya, Rektor sudah meminta bantuan untuk itu dan nantinya semua akan terlaksana dengan baik agar lingkungan IAIN Ambon yang dulunya hijau, akan kembali seperti semula.

“Tadi saya sampaikan bahwa sudah ada permintaan bantuan dari Rektor IAIN untuk membantu penghijuan kembali khawasan IAIN,” tutupnya.

Tidak hanya Kampus IAIN Ambon, ada beberapa desa juga yang memerlukan bibit pohon.

“Kemudian beberapa desa yang memerlukan bibit pohon, ini akan didukung oleh program yang telah dikerjasamakan dari Komando Daerah militer (Kodam), Indofood dan Budiasi,” tutupnya

Sebelumnya, kepala BNPB Republik Indonesia, Doni Monardo, mengunjungi kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon pekan kemarin satu hari jelang puncak HUT kota Ambon ke-444.

Mantan Pangdam XVI Pattimura ini berkunjung ke IAIN Ambon untuk ketiga kalinya, dalam rangka melihat secara langsung kondisi dan perkembangan IAIN Ambon pasca bencana alam, yang menyebabkan beberapa fasilitas utama rusak, seperti Perpustakaan Utama, Auditorium dan Lab MIPA.

Dalam kunjungannya ini, Doni mengajak seluruh pimpinan dan civitas akademika IAIN Ambon untuk tidak henti-hentinya menghijaukan kampus tersebut. Sebab, kalau tidak ada kesadaran untuk menanam, maka bencana alam sulit dihindarkan.

Pasalnya, rata-rata warga yang bisa menebang, dan belum memiliki kesadaran untuk menanam.

Doni juga mengisahkan pekerjaannya ketika menjabat sebagai Pangdam XVI Pattimura, dengan lebih banyak mengajak masyarakat di Maluku untuk mencintai alam.

Kunjungan Doni disambut oleh Wakil I, Dr. Mohdar Yanlua, Warek II, Dr. Ismail DP, dan tiga dekan di lingkup IAIN Ambon.
Usai melakukan diskusi dengan pimpinan IAIN Ambon di ruang rektor, Doni bersama timnya yang didampingi Kepala BPBD Maluku, Farida Salampessy dan Kadis PUPR Maluku, Ismail Usemahu, meninjau lokasi bencana, termasuk Gedung Perpustakaan IAIN Ambon dari dekat.*** Riska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *