Ruas Jalan Ongkoliong Hingga Mardika Akan Diperbaiki April Mendatang

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS- Tahun 2019 ini ada dua (2) ruas jalan yang akan perbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon. Dua jalan tersebut yakni jalan di kawasan Ongkoliong dan jalan pada Jembatan Mardika Ambon.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kota Ambon, Yeri Matulessy kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Matulessy mengaku, ada kendala yang harus dihadapi sebelum jalan di terminal benar-benar dirampungkan. Masalah tersebut adalah pengososngan lahan oleh masyarakat yang tinggal menetap maupun sementara berjualan diwilyah tersebut.

“Utuk jalan di kawasan ongkoliong akan diperbaiki hingga ke terminal, tetapi jalan di dalam terminal akan ditunda hingga ada pengosongan lahan,” akui Matulessy.

Diakui, jalan di kawasan depan kantor dinas PU akan diperbaiki hingga benar-benar masuk ke terminal. Namun yang paling utama dan difokuskan adalah wilayah terminal.

“Dari terminal tembus jembatan diongkoliong, itu yang katong tangani untuk tahun 2019 dan dari depan Dinas PU Provinsi sampai dengan Jembatan Mardika,” akuinya.

Sementara perihal masalah pengosongan lahan di dalam terminal menurutnya bukan menjadi kewenangan dari Dinasnya. Tetapi dari instansi terkait yakni, Satpol PP dan Dinas perhubungan. Dan pihaknya sudah pernah melakukan koordinasi dengan instansi tersebut dan juga Raja batumerah.

“Kami sudah pernah lakukan koordinasi, tetapi itu bukan kewenangan kita,” ungkapnya.

Sementara alokasi dana untuk titik lokasi yang akan di perbaiki tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD sebesar Rp. 1 Miliar.

“Dana untuk perbaikan dua jalan tersebut itu sebesar kurang lebih 1 Miliar, berasal dari DAK dan APBD, jadi ada dua sumber dana DAK itu untuk jalan yang di PU Provinsi turun ke bawah sampai jembatan mardika, sementara APBD itu yang dari ongkoliong masuk ke terminal,” tambahnya.

Untuk dikatehui, pengerjaan proyek tersebut direncanakan akan dimulai bulan April hingga berakhir pada bulan Juni atau Juli 2019.**** TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *