Rombak Birokrasi Esalon II Lingkup SBB, Ini Pesan Bupati

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS- Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Drs. Moh Yasin Payapo akhirnya merombak dan melantik Pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup kabupaten SBB, Jumat (8/2).

Pelantikan tersebut sebelumnya diketahui telah tertunda lebih tiga tahun sepanjang massa kepemimpinan Moh. Yasin Payapo dan Timotius Akerina.

Adapun mendampingi bupati, Drs Moh Yasin Payapo, Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, Wakapolres SBB Kompol Kartono Maubere, Kejari Piru Samsidar Monoarafa SH MH, Pada SKPD Lingkup SBB, Rohaniawan dan Saksi

Dalam sambutannya, Bupati SBB mangaku peragantian pejabat pimpinan tinggi pratama merupakan hal yang biasa yang disetiap daerah. Khsusnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi Pejabata esalon II.

“Kita mengacu pada Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negera, yang mana telah mengisyaratkan reformasi birokrasi dalam promosi jabatan pada semua organisasi pemerintah termasuk organisasi perangkat daerah,” ungkap Bupati.

Dikatakan, pelaksanaan tersebut dalam isyarat UU wajib dilakukan secara terbuka, atau lebih dkenal dengan merit system, yang bertujuan untuk melakukan promosi aparatur sipil negara dalam jabatan secara berjenjang.

Sesuai dengan amanat peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang managemen pegawai negeri sipil pasal 132 ayat : (1) pengisian jabatan pimpinan tinggi melalui mutasi dari satu pejabat ke pejabat yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi di antara pejabat pimpinan tinggi dalam satu instansi.

Pengangkatan dan promosi asn dalam jabatan merupakan bagian dari perencanaan, pengembangan dan pembinaan karier serta penataan kebutuhan organisasi, dalam penyelangaraan tata kelola pemerintahan di daerah.

“Sehubungan dengan itu, saudara-saudari yang baru saja dilantik diharapkan dapat mengoptimalkan kinerjanya sebagai aparatur penyelengara pemerintahan, pembangunan, pelayan dan pembina kemasyarakatan,” tegasnya.

Bupati tegas lagi, dituntut harus memiliki integritas, profesionalisme, bertangungjawab, jujur, disiplin, netralitas dan transparan, yang dilandasi dengan etika dan moral dalam menjalankan peran dan fungsi organisasi demi terwujudnya peningkatan
kesejahteraan masyarakat di bumi saka mese nusa.

Dinamika pembangunan kata dia, di daerah SBB akan selalu membutuhkan prestasi dari setiap aparatur, oleh sebab itu saudara-saudari yang sudah menerima amanah.

Diharapkan mampu menggerakkan fungsi-fungsi manajemen dalam merumuskan strategi yang melahirkan program-program inovatif, guna menjawab tuntutan realita ekonomi, sosial budaya, politik, serta pembinaan kemasyarakatan, yan g sudah dirumuskan dalam rpjmd 5 tahun kedepan, sebagai bagian dari implementasi visi dan misi “ par kas bae” daerah ini.

“Perlu saya ingatkan kita semua akan tugas dan tanggungjawab selaku aparatur penyelenggara pemerintahan, untuk dapat mensukseskan pemilihan umum presiden dan wakil presiden, dan legislatif pada tanggal 17 april 2019, secara aman, tertib dan damai, bersama semua komponen masyarakat kabupaten SBB,” kata Bupati.

Penguhujung sambutannya, Bupati menyampaikan terimaksihnya bagi pajabat lama yang telah berbakti dan mengabdi di perangkat daerah.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas hasil kerja dicapai.

“Hal itulah yang di harapkan daerah ini lewat strategi dan terobosan saudara, serta sanksi yang , sanggup diberikan terhadap ketidaktaatan asn dalam perangkat daerah yang dipimpin, sehingga mampu merubah sikap dan perilaku organisasi,” pungkas Payapo.*** Dod

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *