Ratusan Pelajar di Ambon Lari 10 KM Meriahkan 2 Momentum

Kabar Daerah News Olahraga Pendidikan

KABARTERKINI.NEWS– Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku menggelar Lomba Lari 10 KM pada Jumat (09/08/2019).

Lomba lari melibatkan sedikitnya 270 pelajar sekota Ambon. Ratusan pelajar tersebut diiukut sertakan dalam rangka menyemarakan Program 100 Hari Kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku serta menyemarakan hari kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.

Sekertaris Dispora Provinsi Maluku, Andre Adriaansz kepada wartawan di depan Gong Perdamaian Ambon usai lomba menjelaskan, Lomba lari ini mempunyai dua kategori, yaitu kategori putra dan kategori putri,dengan jumlah peserta 270 dari masing-masing SMA/SMK/MA di Kota Ambon, terbagi atas putra 170 orang dan putri 100 orang.

Dia mengatakan, jarak yang ditempuh peserta lomba yakni dari Negeri Eri, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon sampai Ke Gong Perdamaian, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

“Tujuannya untuk mensejahterakan olahraga pelajar untuk meningkatkan kebugaran. Program ini juga merupakan dukungan 100 hari kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa bakti 2019-2024, sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan HUT Provinsi Maluju ke-74,” jelasnya.

Dikatakannya, dengan terselenggaranya lomba ini, kiranya bisa ditapis atlit-atlit muda yang berbakat untuk melanjutkan prestasi atletik Maluku.

“Karena beberapa waktu lalu banyak atlit Maluku yang sudah meraih juara di tingkat Nasional. Mudah-mudahan lewat lomba ini kita lebih banyak lagi menghasilkan atlit muda yang berbakat dari ambon khususnya dan dari Maluku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 270 peserta lomba, juara yang di ambil hanya juara 1-6, putra-putri.

Pemenang Lomba

Untuk kategori putra juara I dengan nomor dada 040 atas nama Aldy Peea asal sekolah SMA negeri 10 Ambon, juara dua dengan nomor dada 129 atas nama Daud Parinusa asal sekolah SMK Kesehatan, juara III dengan nomor dada 059 atas nama Putra Tepal asal sekolah SMA Negeri 7 Ambon.

Juara IV dengan nomor dada 155 atas nama Fernando Mainake asal sekolah SMA Negeri 6 Ambon, juara V dengan nomor dada 071 atas nama Pieter Akolo asal sekolah SMK Primadharma, dan juara VI dengan nomor dada 044 atas nama Machein Gaspersz asal sekolah SMK Negeri 4 Ambon.

Sedangkan untuk kategori putri, juara I atas nama Christyn Yalehuwai, nomor dada 066 asal sekolah SMA PGRI 1 Ambon, juara II dengan nomor dada 065 atas nama Christalia Ririne asal sekolah SMA PGRI 1 Ambon, juara III ndengan nomor dada 006 atas nama Clara Tomasoa asal sekolah SMA Negeri 2 Ambon, juara IV dengan nomor dada 064 atas nama Joma De Fretes asal sekolah SMA PGRI 1 Ambon.

Juara V dengan nomor dada 013 atas nama Jouna Dasvordate Asal sekolah SMA Advent dan juara VI dengan nomor dada 023 atas nama Angel Sahusiwa asal sekolah SMA Negeri 10 Ambon.

Sementara iru, menurut Christyn Yalehuwai yang merupakan juara I kategori putri, dirinya berlatih dengan susah payah dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Dari jauh hari saya selalu berlatih, kadang di Lapangan Merdeka atau di Lapangan Mandala Karang Panjang (Karpan),” terangnya.

Disampaikannya, Ia sangat senang karena bisa mendapatkan juara dan bisa membanggakan sekolah di bidang olahraga.Dirinya juga berharap dengan adanya perlombaan ini kiranya bisa Lebih baik lagi, dan dia berharap berlombaan ini bisa dilaksanakan setiap tahun.

Hal yang sama juga diungkapkan Aldy Peea, juara I kategori putra, yang sehari-hari bersekolah di SMA 10 Ambon

Dirinya merasa senang bisa menjuarai lomba 10 KM putra yang diselenggarakan Dispora.

“Harapan saya lomba lari ini akan terus menjadi event tahunan yang di lakukan, agar menjadi sebuah motivasi bagi setiap atlit pelajar yang ada di Maluku khususnya Kota Ambon. Mungkin dengan hadiah yang di dapatkan ini akan saya gunakan untuk pendidikan saya mengingat saat ini saya sudah kelas 3 SMA dan tahun depan saya kuliah,”tandasnya.*** Ikha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *