Merajut Tali Silaturahmi, Pemda Aru Gelar Halal Bi Halal

Tak Berkategori

KABARTERKINI.NEWS– Merajut tali silaturrahim pasca hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Aru menggelar Halal Bi Halal bertempat di Lapangan Yos Sudarso Dobo, Jumat (28/6/2019).

Ketua Panitia Halal Bi Halal, Ketut Winawa yang juga selaku Kepala Kejari Aru dalam laporannya menyampaikan bahwa Dasar Pelaksanaan Halal Bihalal Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru bersama ASN, DPRD, TNI/POLRI, Kejaksaan, Pengadilan dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, didasarkan pada : Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor ; 45/81 Tahun 2019, tentang Panitia Pelaksana Halal Bi Halal.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan ini adalah Saling memaafkan dalam Silahturahmi bersama dalam Nuansa Hari yang Fitri demi rasa persaudaraan, persatuan dan persatuan antara Pemerintah Daerah, TNI POLRI dan masyarakat kedalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Serta mendorong rasa kebersamaan, dalam bingkai kemajemukan demi mewujudkan Kabupten Kepulauan Aru, sebagai laboratorium Kerukunan Umat beragama di Indonesia khususnya Provinsi Maluku.

Sementara, Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dalam sambutannya mengajak Seluruh ASN dan masyarakat, melalui momen halal bihalal inilah kita saling membuka diri, membuka hati untuk saling memaafkan satu dengan yang lainnya.

“Saya yakin dan percaya bahwa kehidupan yang damai dan harmonis dan saling maaf memaafkan, akan menciptakan kondisi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan lebih dari itu kita harapkan akan berdampak pada peningkatan kinerja aparatur sesuai yang kita harapkan,” pinta Bupati Gonga.

Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, Bupati Gonga juga mengajak kita semua sebagai aparat penyelenggara pelayanan publik, marilah kita tingkatkan etos kerja kita, jalinan komunikasi bersama dalam lingkup kekeluargaan, koordinasi, komunikasi dan sinergitas, baik itu antara sesama Aparatur Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, maupun antara Aparatur Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru dengan DPRD, TNI/POLRI, Kejaksaan, Pengadilan negeri,dan masyarakat, maka niscaya semua itu akan berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal sebagaimana kita harapkan bersama.

“Melalui kegiatan Halal Bi Halal ini, kami kembali dan tak henti hentinya mengajak kita semua, seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, untuk senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama, serta memberikan dan meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan Kabupaten Kepulauan Aru yang sama – sama kita cintai.

Teruslah dan tak pernah berhenti untuk memberikan kontribusi terbaik bagi daerah ini, sehingga seberat apapun tugas, tanggungjawab dan tantangan pembangunan yang dilaksanakan Insya Allah semua dapat kita jalani dan tuntaskan dengan sebaik – baiknya berdaya dan berhasil guna bagi percepatan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh lapisan masyarakat di negeri ini,” tutur Bupati.

Selain itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Faisal Musa’ad, S. Pd.,M. Pd menuturkan, Dengan adanya kegiatan ini kami sangat bangga dan terharu kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru karena kita semua bersama tidak memandang ras, suku dan Agama kita berkumpul untuk melaksanakan Acara yang penuh makna yaitu Halal Bihalal dengan kerukunan yang ada di bumi jargaria.

Dalam pesan pesan agamanya juga mengatakan bahwa halal bi halal merupakan tradisi dan hanya ada di Indonesia.

“Tidak ada dalam struktur bahasa arab Halal bi Halal. Halal bi Halal hanya sebuah tradisi dan hanya dilaksanakan di Indonesia,”pungkasnya.

Acara Halal Bi Halal tersebut dimeriahkan oleh, Ustad Das’ad latif (DAA’I), Sheila Lestaluhu (juara III Lida 3 Indosiar 2019) dan Faul ( juara I Lida 3 Indosiar 2019).*** Janes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *