Menggeliat Aktivitas Kodim Persiapan di Bula, Warga Mengaku Terbantukan

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS– Warga RT 02, Desa Adminstratif Wailola, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), memberikan pengakuan terkait kedatangan Kodim Persiapan di bumi Ita Wotu Nusa. Kehadiran mereka dapat membuat Kota Bula bersih.

Hal ini disampaikan Sidik Rumalowak, dirinya mengaku, selaku warga di RT 02 mengakui, kedatangan 42 anggota personil Kodim Persiapan yang di pimpin Mayor Wasitto, sangat membuat perubahan di bidang kebersihan.

“Sebagai warga masyarakat, kami sangat memberikan apresiasi kepada kodim persiapan SBT. Karena ini, ibaratnya kodim membangun semua dari nol” ucap Sidik Rumalowak, saat diwawancarai di Bula pada Jumat, (20/09/19).

Romalowak meminta, masyarakat harus sadar, terutama diri sendiri. Selain itu meminta masyarakat merenungi, bagaimana kalau orang lain yang datang membersihkan lingkungan rumah warga.

Dan juga, kita harus mendorong Kodim di Bula. Serta mampu ciptakan sejarah baru. “Sejarah baru yang saya maksud adalah Kodim datang dan Bula bersih. Baru persiapan saja sudah begini, apalagi jadi Kodim definitif, pasti sudah lebih dari ini” tutur Rumalowak.

Rumalowak menjelaskan, dirinya bicara tidak mewakili Dinas yang ia pimpinan. Namun, dirinya bicara sebagai masyarakat biasa. Justru itu Rumalowak sangat membutuhkan partisipasi dari masyarakat, agar sinergi bersama Kodim membersihkan Kota Bula.

“Untuk itu, kedepannya operasi Kodim bukan hanya di Bula, tetapi Kodim sudah harus aksesnya jauh. Dengan program yang namanya abri masuk desa, itu penting” tutur Rumalowak yang didampingi Perwira seksi teritorial Kapten M. Pasaribu di lokasi kerja.

Karena menurut Rumalowak, konsep Abri masuk desa adalah merubah karakter masyarakat. “Yang dulunya tidur lambat bisa diajak dengan jadwal. Jadi kebiasaan masyarakat harus dirubah” ucap Rumaluwak.

Kepala Pemerintah Desa Administratif Wailola, Yusran Buatan mengatakan, kehadiran Kodim sangat memberikan perubuhan di Kota Bula. Hal ini dikatakan Buatan, karena sesuai dengan bukti yang Kodim perlihatkan kepada warga SBT.

“Baru beberapa bulan di Kota Bula, Kodim Persiapan sudah mampuh memperlihatkan keberhasilan, Kota Bula bersih” ucap Yusran Buatan, saat diwawancarai awak media di Bula pada Jumat dinihari.

Dirinya mengharapkan, kedepannya agenda pembersihan sudah harus dilakukan masyarakat. Tidak lagi ada campur tangan instansi. “Kita harus malu, kalau orang lain sudah membersihkan lingkungan kita” ucap Buatan.

Pengakuan juga datang dari Kasat Polisi Pamangporaja Abdulla Rumain yang mengakui, Kegiatan ini sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) SBT. Selain itu dirinya menilai, kedatangan Kodim persiapan juga sebagai motivasi untuk masyarakat warga kota bula. “Untuk bersih membersihkan lingkungan Kota Bula” tutur Abdullah Rumain.

Pihaknya mengharapkan, masyarakat kota Bula harus sadar. Bahwa bersih kegiatan pembersihan itu sangatlah penting. Terutama lokasi sekitar rumah, dan jalan-jalan utama harus dibersihkan. “Supaya kedepannya bisa mendapatkan adipura, paling tidak adipura atau sertifikat, bahwa Bula adalah Kota bersih” tutupnya. ***Sof

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *