Lewat Videoconfrence, Kapolda Maluku Pimpin Sertijab Dua PJU dan Kapolres

Kabar Nasional News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS- Polda Maluku pada Selasa 5 Nopember 2019 pukul 16.00 melaksanakan upacara serahterima jabatan (Sertijab) dua Pejabat Utama (PJU) dan dua Kapolres di jajaran Polda Maluku. Sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa. MM, dan diikuti oleh Wakapolda, Irwasda dan personil Polda Maluku lainnya.

Sertijab tersebut menjadi unik karena baru pertama kali terjadi di tubuh Kepolisian dimana Kapolda yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) berada di gedung Puldalsis Mabes Polri Jakarta, sementara para Pejabat yang Sertijab serta peserta upacara lainya berada di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polda Maluku di Ambon, dimana Sertijab berlangsung dengan menggunakan teknologi Videoconference.

Pejabat yang melakukan Sertijab diantranya Direktur Reskrimum, dari Kombes Pol Antonius Wantry Yulianto, kepada Kombes Pol Sih Harno, Kabid Hukum, dari Kombes Pol Sih Harno kepada AKBP Michael Ken Lingga, Kapolres Maluku Tengah, AKBP Raja Arthur Simamora, kepada AKBP Hendrik Purwono, dan Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolof Bormasa, kepada AKBP Eko Budiarto, melalui.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, sertijab melalui videoconference karena Kapolda sementara melaksanakan tugas kedinasan di Jakarta.
“Kebetulan pak Kapolda Irjen Pol. Drs Royke Lomowa sedang berada di Jakarta, dalam rangka melaksanakan tugas negara sehingga hari ini kita (Polda Maluku) melaksanakan sertijab Direktur Reskrimum, Kabidkum, Kapolres Malteng dan Kapolres Kepulauan Aru, melalui videoconference. Pak Kapolda videoconference langsung dari Mabes Polri,”jelas Roem kepada wartawan usai pelaksanaan sertijab.

Menurut Roem, sesuai Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/2853/X/KEP./2019, dan ST/2855/X/KEP./2019 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Drs Eko Indra Heri, juga terdapat nama Kapolres SBT AKBP Saminata, dimutasikan sebagai Wadir Sabhara Polda Maluku. Jabatan Kapolres SBT selanjutnya ditempati oleh AKBP Adolof Bormasa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Aru. Hanya saja jabatan Kapolres SBT sendiri belum dilaksanakan sertijab.
“Kapolres SBT belum sertijab karena yang bersangkutan (AKBP Saminata), sementara melaksanakan umroh, ke tanah suci Mekkah. Sertijab akan dilaksanakan setelah yang bersangkutan kembali. Paling lambat minggu depan, jabatan Kapolres SBT, sudah bisa disertijabkan,”kata Roem.

Juru bicara Polda Maluku ini menegaskan, sesuai amanat dan pesan dari Kapolda, bahwa meski memimpin sertijab dari Jakarta lewat videoconference, tidak akan mengurangi sedikitpun nilai dan khidmatnya jalannya kegiatan tersebut.

Kapolda juga berpesan kepada para pejabat yang baru melakksanakan sertijab untuk segara menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru untuk melaksanakan tugas-tugas kepolisian, baik sebagai aparat penegak hukum, pelindung, pengayom maupun pelayan masyarakat.
“Beliau (Kapolda) menyampaikan terima kasih kepada para pejabat yang telah melaksanakan tugas mereka yang baik dan kepada pejabat yang baru untuk segera menyesuaikan diri dan melaksanakan tugas yang diembannya. Kemudian rotasi ini merupakan hal yang biasa dalam lingkungan Polri,”tandas Ohoirat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *