Lestarikan Kearifan Lokal, Pemuda Ondor SBT Akan Gelar “Ondor Mari Bakudapa 2020”

Kabar Daerah News

KABARTERKINI.NEWS – Momentum hari raya idul fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam diseluruh dunia, pada momentum tersebut setiap umat muslim melakukan silaturahmi antara sesama, baik sesama keluarga juga dengan masyarakat sekitar. Momentum Tahunan ini menjadi wadah terbaik dalam memperkuat silaturahmi. Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut hari kemenangan ini, mulai dari mengumandangkan Takbir, Tahlil, Tahmil dan saling bermaaf-maafan serta mengadakan perlombaan yang bersifat memeriahkan hari tersebut.

Hal inilah yang akan dilakukan Pemuda dan Pemudi Desa Negeri Ondor Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), berperan aktif dalam mendukung dan membentukan generasi yang berkualitas di bidang ilmu pendidikan, khususnya ilmu agama dan mewarisi nilai-nilai leluhur sebagai asset kekayaan kearifan lokal (Local Wisdown). Yang dikemas dalam kegiatan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2020 Ondor Mari Bakudapa yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Ketua Panitia Kegiatan Abdul Gani Rahyamtel melalui rilisan pers yang diterima media ini mengungkapkan, Wujud peran aktif dari pemuda dapat dituangkan dalam berbagai aspek, salah satunya dengan upaya menciptakan lingkungan sosisal yang baik, seperti adanya kegiatan-kegiatan dalam memacu kreatifitas seperti perayaan Idul Fitri dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Dengan hadirnya momentum tersebut diharapkan dapat mewujudkan kerukunan dan rasa saling memiliki antar masyarakat setempat, membangun rasa kekeluargaan yang tinggi, saling berkerja sama dan mempererat silaturahmi,” kata Rahyamtel, Senin (18/11/2019).

Dikatakan Rahyamtel, Dengan adanya gagasan ini Pemuda-pemudi Negeri Ondor tersebut diharapkan bisa mengangkat nilai-nilai kearifan budaya lokal dalam bentuk perlombaan sebagai warisan kepada generasi-generasi berikutnya.

“Tentunya hal ini harus dipandang perlu sebagai perhatian publik, mengingat banyaknya budaya lokal yang tergeser bahkan hilang oleh perkembangan jaman. Dan karena itu kami mengharapakan kegiatan ini mendapat dukungan baik dari seluruh masyarakat agar kegiatan ini bisa berkelanjutan setiap tahunnya,” harap Pemuda asal Negeri Odar Lean tersebut.

Dijelaskan Rahyamtel, Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Surat Keputasan Kepala Pemerintahan Negeri Ondor Nomor 140/036/Sk/P.N.O/IX/2019 Tentang Panitia Perayaan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Hari Raya Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 Ondor Mari Bakudapa.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan ini bernama Perayaan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Idul Fitri 1441 H 2020 “Ondor Mari Bakudapa” yang bertempat di Negeri Ondor Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten SBT dengan tujuan kegiatan memperingati Hari-hari Besar Islam sebegai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah diantara sesama muslim,” terang Rahyamtel yang akrab di sapa dengan nama Arul Rahya.

Ditambahlan Rahyamtel, Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2020 mendatang, pasca Idul Fitri yang direncakan berlansung selama 14 hari. Sementara itu, untuk target peserta kegiatan yang direncanakan hadir pada kegiatan tersebut adalah anak-anak sekolah tingkat SD dan SMP Negeri Ondor dan Desa-desa tetangga.

Untuk diketahui, Panitia kegiatan tersebut yang di percayakan sebagai Ketua Abd. Gani Rahyamtel dan Sekretaris M. Ramon Hinca. Dengan target Perlomabaan ini bertujuan untuk meningkatan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan kearifan lokal serta memperkuat silaturahmi antar sesama.

“Kegiatan dengan mengedepankan ilmu pendidikan ini olehnya itu kami meminta kesediaan Bapak/Ibu Guru dan juga Wali Murid dalam memberikan bimbingan dan dukungan dalam mensukseskan kegiatan ini nantinya,” tutup Rahyamtel.***IM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *