Kepala Kemenag SBB Tinjau Pelaksanaan Istitaah Kesehatan JCH

Kabar Daerah Kabar Nasional Kesehatan News

KABARTERKINI.NEWS- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), La Fata, S.Ag bersama Kepala Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs Muh Hi Madjid meninjau pelaksanaan Istitaah kesehatan Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten SBB yang berjumlah 100 JCH di Puskesmas Piru dan Rumah Sakit Umum (RSUD) Piru.

Dalam kunjungan ke puskesmas dan RSUD, Kepala PHU terlihat mendampingi Kepala Kankemenag meninjau satu per satu JCH yang sementara menunggu antrian dan dipanggil untuk diperiksa. “Bapak/Ibu yang sabar ya, memang proses pemeriksaan begini adanya, harus melalui proses yang agak lama, karena para dokter harus teliti dan hati-hati dalam memeriksa kesehatan bapak/ibu,” sapa La Fata dihadapan JCH yang tengah duduk menunggu.

Adapun rangkaian kesehatan yang dijalani JCH adalah, pemeriksaan dasar meliputi anamnesia (riwayat kesehatan sebelum dan riwayat kesehatan keluarga), pemeriksaan fisis. Kemudian JCH lakukan pemeriksaan lanjutan ke RSUD Piru dengan rangkaian pemeriksaan mencangkup pemeriksaan gula darah, as, Urat, Kolesterol, sel darah merah, HB, Foto Thorax, rekam jantung dan lain sebagianya yang dianggap penting.

“Untuk pemeriksaan fisis khusus penderita stroke dilakukan menyeluruh dari kepala hingga kaki untuk melihat ada tidaknya abnormalitas tanda-tanda keganasan bahkan sampai kelumpuhan. Kemudian pemeriksaan lanjutan ke RSUD Piru dengan memeriksa darah rutin yang mencangkup gula darah, as. Urat, kolesterol, sel darah merah dan Hb, dan apabila dicurigai penyakit tertentu maka JCH diarahkan untuk pemeriksaan darah secara lengkap untuk mengetahui fungsi hati dan ginjal JCH tersebut,” jelas dr.Riska M. H. Waliulu salah satu dokter alumni Pelatihan Petugas Pemeriksa Kesehatan Jamaah Haji yang digelar Dinas kesehatan Prop Maluku.

Diketahui, pemeriksaan dan pembinaan kesehatan JCH mencapai Istitaah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 yang didalamnya mengatur tahap pertama pemeriksaan kesehatan, Pembinaan kesehatan di masa tunggu, pemeriksaan kesehatan tahap kedua, Pembinaan kesehatan di masa keberangkatan, pemeriksaan kesehatan tahap ketiga sampai implementasi pedekatan keluarga dalam menuju Istitaah kesehatan Jamaah haji mencapai keluarga sehat. (HS-INMAS/TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *