Hakikatnya, Polri Adalah Penganyom Masyarakat

Opini dan Artikel Pendidikan Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS- Untuk mencapai tujuan menjadi insan Polri yang dicintai masyarakat bukanlah perkara mudah, namun hal tersebut bukanlah mejadi alas an bagi anggota Polri untuk berusaha agar dicintai masyarakat, karena hakiatnya Polri merupakan penganyom masyarakat, tentu seharusnya mudah mendekatkan diri kepada mereka dan mudah mendapat kepercayaan masyarakat sehingga dicintai. Untuk itu perlu adanya dorongan atau motivasi untuk merubah perilaku-perilaku Polisi yang dulunya sebagai polisi yang berkuasa, arogansi, dan kurang amkssimal dalm melayani masyarakat. Namun tidak ada salahnya jika ada niat pasti keinginan akan tercapai.

Untuk menjadi polisi yang dicintai masyarakat yang pertama dan yang paling utama adalah mengubah pola pikir dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri, mengutamakan pengabdian terhadap Negara dan mengesampingkan hawa nafsu, Polisi yang dicintai masyarakat adalah polisi yang menunjukan kesantunannya, kehumanisannya, perilakunya dan kemampuannya dalam wewujudkan sebagai Polisi Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

Polisi yang dicintai masyarakat adalah Polisi yang lebih menonjolkan kepada perilaku (skill) dari individu yang berimbang dengan sikap dan pengetahuan.Dengan perilaku yang santun terhadap masyarakat dan alam melakukan tindakan dilapangan harus proposional, profesional dan tegas serta terukur serta tingkah laku serta pergaulannya lebih menunjukkan kepada mudah bergaul dan membaur dengan masyarakat untuk bisa menjadi pioneer ditengah-tengah masyarakat, tauladan, dengan demikian masyarakat akan timbul rasa simpati kepada Polisi. Polisi yang lebih menekankan kebermaknaan baik untuk pribadi maupun lingkungan sekitar. Ketika polisi mampu melakasanakan hal tersebut maka kecintaan masyarakat terhadap polri itu pasti muncul dan timbula rasa polisi yang di cintai masyarakat.

Demi wujudkan Insan Polri Yang Santun, Tegas, Humanis Dan Dicintai Masyarakat, perlu adanya perubahan perilaku dan penampilan Polri untuk mencapai harapan harapan masyarakat, kesejahteraan terhadap anggota Polri perlu ditingkan mengingat tugas dan tanggung jawab sangatlah tinggi, meningkatkan profesionalime Polri dalam bertugas dan memberikan penghargaa atau  reward  dan  punishment  sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri insan polri dalam menjalankan tugas, Pecapaian tersbut dapat diawali   dengan cara recruitment Polri saat ini. Ini juga merupakan tantangan dan permasalahan tersendiri untuk segera direspon dan diwujudkan. ***
Penulis : Rexi / Editor  : Tahang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *