Elly Toisutta, Srikandi Golkar Pimpin DPRD Kota Ambon

Kabar Daerah News Politik

Ikan di laut, sayur di darat, keduanya akan bertemu pada masakan mama di dapur. Mungkin ini sepenggal kata bijak untuk Memotivasi kita dalam menjalani hidup, bahwa setiap kita mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kita hanya perlu mengetahui dibagian mana kelemahan yang kita miliki untuk kita perbaiki, dan kelebihan kita dimana, untuk kita jadikan potensi diri kita.

KABARTERKINI.NEWS– CERMINAN dari kata bijak diatas itu, bisa kita lihat pada diri politisi muda dan cantik asal Partai Golkar kota Ambon, Elly Toisutta.

Mungkin terlalu subjektif jika kita sematkan kata srikandi kepada politisi muda partai Golkar kota Ambon ini. Namun dilihat dari capaian yang diraihnya saat ini, rasa-rasanya tidak berlebihan juga jika kata srikandi ini kita sematkan membubuhi nama lengkapnya Elly Toisutta S. Sos.

Wanita asal Desa Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku ini, telah mewakili para kaum perempuan di Kota Ambon yang telah membuktikan dirinya, berjuang tanpa lelah dan menyerah ini, telah menempatkannya sebagai satu-satunya wanita pertama di kota ini, yang menjadi Ketua DPRD Kota Ambon. Fakta mencatat, perempuan memimpin parlemen di kota ini, baru pernah terjadi. Dan Elly menunjukan kapasitasnya sebagai yang pertama “20 tahun Golkar menunggu kesempatan untuk memimpin lembaga legeslatif di kota ini, dan atas kerja keras semua kader partai dan topangan dari Bpk Walikota Ambon Richard Louhenapessy, yang juga ketua DPD 2 Partai Golkar kota Ambon, akhirnya sejarah itu tercatat hari ini”tandas Ely.

Itulah Elly Toisutta. Wanita cantik Partai Golkar Kota Ambon ini, telah ditetapkan sebagai ketua DPRD kota Ambon melalui Surat Keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, dibawah kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Dan hari ini, Selasa 29 Oktober 2019, resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Ambon, lewat paripurna istimewa di gedung DPRD Kota Ambon

Srikandi asal Siri-Sori Islam ini telah membuktikan kepada semua warga dan masyarakat di Kota Ambon, bahwa politik itu bukan hanya milik kaum laki-laki.

Berjalan sendiri dan nyaris tak melakukan manuver-manuver politik ke DPP Golkar, Ibu muda ber-anak tiga ini, menandaskan ‘lawan-lawannya’ sesama anggota legislatif Partai Golkar Kota Ambon, yang sejak terpilih pada 17 April 2019 lalu, lebih getol memelihara gerbong dan masif melakukan loby ke DPP Partai Golkar di Jakarta.

“Dalam suatu kesempatan, saya datang kepada bapak walikota, saya bilang kepada beliau, kalau saya dinilai layak untuk menduduki jabatan ketua DPRD Kota Ambon tolong doa dan restui saya, tapi jika saya dinilai tidak layak, biarkan jabatan itu diberikan kepada yang lain yang lebih berhak,” kata Toisutta.

Selaku orang yang beriman, Elly Toisuta meyakini, jika suatu proses itu mengalir apa adanya dan kejujuran menjadi pijakannya, semua itu tidak akan sia-sia jatuh ke tanah. “Akan ada ganjaran yang Tuhan beri buat kita, dan tentunya pasti baik, dan semua itu datang dari arah yang tidak kita sangka-sangka,” tambah Toisutta, yang juga pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Karier politik wanita tangguh bernama lengkap Elly Toisutta, S.Sos ini, awalnya dirasakan cukup berat.

Caesar Chandra Alif, Abdi Aprizal Sheehan, dan Rafli Ramlan Juniarsyah, adalah tiga buah hatinya yang senantiasa menyemangati dan menjadi motivasi baginya dalam menampaki karier politik.

Berbagai cobaan yang datang secara beruntun itu, tak membuat gentar Perempuan lulusan Universitas Darussalam Kota Ambon ini. Dirinya yakin, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuannya. Di tengah tengah cobaan yang menempatkan dirinya pada titik terlemah, memaksa anak ke enam dari enam bersaudara ini, harus berani mengambil keputusan keputusan yang sulit.

Politik Ala Toisutta

Dunia Politik sebenarnya bukan hal yang baru bagi Elly Toisuta. Tercatat pada tahun 1998 dirinya sudah masuk sebagai kader Partai Golkar. Peluang itu semakin terbuka, tatkala Partai Golkar Maluku mengalami masa transisi kepengurusan pasca di gelarnya musyarawarah daerah luar biasa (Musdalub) Partai Golongan Karya tahun 2006 lalu, yang akhirnya menetapkan Drs. M.A Latuconsina sebagai ketua DPD Golkar Maluku. Dalam kepengurusan yang baru itu, ibu tiga orang anak ini dipercayakan masuk sebagai pengurus DPD Partai Golkar Maluku.

Aktif di partai politik, tak membuat dara cantik ini melupakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Di tengah kesibukan sebagai pengurus Partai Golkar, tak mengurangi rasa keingintahuan dia untuk terus belajar dan bekerja.

Grafik perolehan suara jika dibandingkan pada pemilihan legislatif tahun 2014 dan 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hampir mencapai 80 persen… Pada 2014 jumlah suara pribadinya hanya 954 suara. Sedangkan pada tahun 2019 perolehan suara pribadinya naik cukup signifikan dengan 1.548 suara atau hampir 80 persen kenaikannya. “Ini sesuatu yang saya banggakan, karena harus bertarung pada Dapil yang Berat tapi saya bisa memperoleh suara terbanyak”tandas Toisutta.

“Intinya adalah berpikir positif, kerja keras, kerja ikhlas, selanjutnya serahkan kepada Tuhan Yang Maha kuasa,” tambah Elly, yang juga bendahara Partai Golkar Kota Ambon.

Atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian tanpa pamrih, Dewan pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar memberikan penghargaan dengan mengangkat Politisi Muda Partai Golkar Kota Ambon ini, sebagai Ketua DPRD Kota Ambon dari fraksi Golkar. Pengangkatan Elly sebagai Ketua DPRD Golkar Kota Ambon ini, merupakan sejarah baru, baik bagi lembaga legislatif maupun politik Kota Ambon.

“Terimakasih saya ucapkan kepada kedua orang tua saya, yang dengan sabar membesarkan dan mendidik saya. Trimakasih juga kepada ketiga anak saya dan saudara saudara saya yang selalu setia bersama sama saya dalam setiap keadaan apapun. Walikota dan Wakil Walikota Ambon terpilih. Para sahabat di Golkar yang terus memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berkarya, dan terima kasih juga kepada Masyarakat kota Ambon khususnya masyarakat Kecamatan Nusaniwe. Semoga jabatan sebagai Ketua DPRD Kota Ambon ini, bisa menjadi berkah bagi warga dan masyarakat Kota Ambon,” tegas Elly Toisuta .*** RISKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *