Di Maluku, Dirjen Perhubungan Tinjau Langsung Pelabuhan Angkutan Mudik

Kabar Daerah Kabar Nasional News

KABARTERKINI.NEWS– Setelah Kadis Perhubungan memimpin apel siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru 2019 belum lama ini, kini giliran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan RI Ir. R. Agus. H. Purnomo mengecek secara langsung kesiapan pelabuhan angkutan mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

Peninjauan tahun ini oleh Dirjen Hubla dipusatkan pada tiga pelahuam, termasuk pelabuhan Navigasi. Bahkan dalam kesempatan itu juga Purnomo berkesempatan meninjau kesiapan armada laut dalam hal ini KM Pangranggo yang kebetulan sedang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso guna memastikan bahwa kapal tersebut laik mengangkut penumpang arus mudik, baik dari segi keamanan hingga sarana di kapal tersebut.

Dari rombongan Dirjen Hubla nampak terlihat didampingin Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Printis PT Pelni Pusat O.M Sodikin.

Sementara pantauan media ini Senin(31/12) bahwa lokasi peninjauan dimulai dari lokasi pelabuhan Gudang Arang, Navigasi, Yos Sudarso dan rencana selanjutnya juga dilakukan pada Pelabuhan Slamet Riyadi dan Hurnala Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu Maluku Tengah (Malteng).

Usai melihat secara dekat kesiapan pelabuhan dan kapal. Pada wartwan dikatakan, selain pelabuhan di Ambon sebelumnya hal yang sama juga telah dilakukan di pelabuhan Bitung Manado.

Semua itu dilakukan dalam rangka monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, baik itu di bandara dan pelabuhan-pelabuhan yang ada diseluruh Indonesia.

“Kami juga punya program tiketing oneline, sehingga kedepan pelayanan di pelabuhan akan semakin membaik agar nantinya didesain penumpang tidak lagi perlu mengantri lama untuk mendapat tiket,”akui Purnomo.

Dikatakan, untuk memperoleh tiket nantinya disetiap pelabuhan akan disediakan fasilitas elektronik tiket, sehingga penumpang nantinya tinggal menunjukan bording pass langsung bisa masuk terminal transit di pelabuhan.

Sementara menyangkut dengan hasil peninjuan kata Purnomo, bahwa kondisi dan pelayanan di pelabuhan Ambon tahun sudah cukup membaik dan semuanya dapat teratasi dengan baik termasuk terminal penumpang, meskipun masih dalam keterbatasan tapi kerja sama pihak-pihak terkait kondisi itu dapat diatasi.

Untuk itu dirinya berharap agar para penumpang dapat mengetahui secara pasti jadwal kapal, dapat melihat kondisi cuaca, sebab apa keselamatan itu yang lebih diutamakan dalam pelayaran dan semua itu nantinya menjadi tanggungjawab pihak KSOP disetiap pelabuhan.****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *