42 Personil Satgas BKO Dalam Upaya Pembentukan Kodim Persiapan di Bula

Kabar Daerah Militer News Polri dan TNI

KABARTERKINI.NEWS— Sebanyak 42 Personel Satgas BKO ditugaskan di Bula dalam rangka pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) di Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang merupakan salah satu wilayah yang dipersiapkan oleh Kodam XVI/Pattimura, Sabtu, (20/7/2019).

Keberadaan Kodim di setiap daerah sangat diperlukan sebagai kekuatan pertahanan serta membantu pemerintah daerah dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat. Seperti halnya di wilayah Kabupaten SBT yang selama ini belum mempunyai Kodim sendiri dan masih bergabung dengan Kodim 1502/Masohi.

Dalam tim yang ditugaskan tersebut juga ada putra terbaik Kabupaten SBT yang ikut dan memperkuat tim itu yakni Praka Abdul Rahim Keldor, dan beberapa personil lainya yang telah memberikan informasi kepada media ini sebelum kedatangan mereka di Kota Bula Kabupaten SBT.

Praka Abdul Rahim Keldor yang saat ini menjabat sebagai Tamudi Alang Air 1 Pok Tuud Kodim SBT Korem 151/Binaiya Kodam XVI/PTM saat di konfirmasi via seluler mengatakan, Kodim yang akan di bentuk di Kabupaten SBT yaitu Kodim Bula dengan jumlah personil yang dikirimkan tahap pertama sebanyak 42 personil di wilayah Kabupaten SBT.

“Tahap pertama ini, Anggota yang di tugaskan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat sebanyak 42 personil yang bertugas menyiapkan persiapan Kodim Bula,” kata Keldor yang berpangkat Praka tersebut.

Dikatakanya, Tujuan pembentukan Kodim di wilayah Kabupaten SBT untuk mengetahui keberadaan Kodim dan Koramil serta menegakkan kedaulatan negara di bumi bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut. Selain itu, pemerataan Prajurit ke seluruh penjuru tanah air.

“Kehadiran TNI di suatu wilayah atau daerah menjadi solusi bagi negara dan masyarakat. Dan saat ini tempat yang Kodim bisa melakukan aktivitasnya diketahui dan akan beroperasi di Kabupaten SBT nantinya yaitu di Gedung EX. Pertanian yang akan kita jadikan Makodimnya,” jelas Keldor.

Kata Dia, Dalam penugasan pembentukan Kodim di Wilayah Ita Wotu Nusa Kabupaten SBT itu dipimpian oleh Mayor Inf. Warsitu, Kapten Kav. N Pasaribu, dan Kapten Inf. Heri Riyanto.

Menurutnya, Pembentukan Kodim Bula adalah murni untuk kepentingan pertahanan, tidak ada kepentingan politik dan maksud apa pun dalam pembangunan Kodim baru di Kabupaten SBT. TNI hanya ingin aspek pertahanan bisa terpenuhi di wilayah itu sehingga apabila terjadi situasi yang tidak kita inginkan, kendali operasi itu betul-betul bisa dijaga dengan baik.

Dia juga berharap, Kepada Pemda SBT agar dapat bekerja sama guba bersama-sama bersinergi membangun Kabupaten SBT dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya juga akan bersinergi dengan Kepolisian dan sejumlah Instansi terkait, dan yang tak kala penting kita dapat dukungan dari DPRD Kabupaten SBT, Pemda SBT serta seluru elemen masyarakat guna melengkapi perangkat dalam penyiapan Kodim Bula ini,” harap Keldor.

Lebih lanjut Keldor katakan,” keamanan suatu daerah itu sangat penting untuk berbagai aspek. Jika suatu daerah itu aman, maka proses pembangunan akan berjalan dengan baik. Kalau kondisi kondusif, maka pembangunan pun akan berjalan baik,” kata Keldor menutupi ketenangannya.** IM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *